Alamat Kantor

DISDIKAL
Jl. Raya Hankam, Cilangkap, Jakarta Timur,
Gd. B3 Lt. 8-9
Mabes TNI AL Cilangkap
Email   :
disdikalweb@tnial.mil.id,
disdikal@yahoo.co.id
Call   :
021-8723466
021-8723475
Fax    : 021-8710701

Berita Sebelumnya

Langkah-Langkah Penyusunan Kurikulum Pendidikan Dengan Metode Analisa Jabatan

 

1)   Langkah ke-1     Menentukan Jabatan.

     Pada langkah ke-1 ini, ditentukan tujuan jabatan, mengapa jabatan tersebut diperlukan dan apa saja yang akan dikerjakan. Penentuan jabatan ini bersumber pada Standar Kualifikasi Personel (SKP) dan Daftar Susunan Personel (DSP), dengan tujuan agar dapat diukur bidang tugas dan pekerjaannya.

 

2)   Langkah ke-2     Menyusun Daftar Pekerjaan.

    Pada langkah ke-2 ini, menentukan daftar pekerjaan dengan meng-inventarisir pekerjaan-pekerjaan apa saja yang diperlukan agar jabatan dapat terpenuhi.

 

3)  Langkah ke-3     Menyusun Daftar Tugas.

     Pada langkah ke-3 ini, diuraikan dari setiap pekerjaan, menjadi tugas-tugas yang berkaitan dengan kinerja dari setiap pekerjaan.

 

4)  Langkah ke-4     Menyusun Daftar Sub TugasPada

     Pada langkah ke-4 ini, diuraikan dari setiap tugas, menjadi sub tugas yang berkaitan dengan tugas yang telah disusun. Pertanyaan kunci dan ciri-ciri sama dengan tugas.

 

5)  Langkah ke-5 Menyusun Daftar Pengetahuan dan Keterampilan

      Pada langkah ke-5 ini, diuraikan pengetahuan dan keterampilan dari setiap tugas dan sub tugas yang ada.

 

6)  Langkah ke-6     Menentukan Parameter/Variabel

     Pada langkah ke-6 ini, disusun parameter/variabel untuk menilai bobot dari tiap-tiap bekal yang diberikan terhadap tugas/sub tugas

 

7)   Langkah ke-7     Menilai Bobot Bekal dari Tugas/Subtugas sesuai Parameter yang telah Ditentukan.

      Pada langkah ke-7 ini, dilaksanakan penilaian dari tiap-tiap bekal dari tugas/sub tugas yang ada sesuai dengan parameter yang telah disusun.

 

8)   Langkah ke-8  Rekapitulasi Jumlah Bekal Pengetahuan dan Bekal Keterampilan.

      Pada langkah ke-8 ini, direkap seluruh bekal pengetahuan dan bekal keterampilan dari tugas/sub tugas yang nantinya akan menjadi materi pelajaran teori dan praktek, sehingga akan ditemukan jumlah jam pelajaran di dalam program pendidikan yang dirancang.

 

9)    Membuat Diagram Skalar.

       Pada langkah ke-9 ini, membuat diagram skalar dengan membentuk diagram yang berpedoman pada Langkah ke-1 sampai dengan langkah ke-3 dengan menyusun struktur jabatan yang merinci pekerjaan-pekerjaan dan tugas-tugas  secara sistematis.


Copyright © Disdikal

All Rights Reserved